Hasil GO ARK 2020

Tahun 2020 akan dikenang dalam sejarah sebagai tahun pandemi. Semua kegiatan manusia yang tadinya sangat sibuk dan aktif bergerak langsung terhenti dan kemudian bergerak namun lambat. Kondisi ini secara tidak langsung mempengaruhi kegiatan tahunan Gerakan Observasi Amfibi Reptil Kita yang tadinya urung mau dijalankan. Mengingat beberapa peserta sebelumnya menanyakan apakah kegiatan akan dilaksanakan tahun ini, akhirnya PHI dan Fakultas Kehutanan IPB yang secara rutin menyelenggarakan GO ARK memutuskan untuk melakukan kegiatan ini.

Kegiatan GO ARK 2020 dilaksanakan sepanjang bulan November 2020 dan diawali dengan pelatihan identifikasi jenis secara daring setiap akhir pekan pada bulan Oktober. Tahun 2020 kategori peserta dibagi menjadi peserta kelompok dan peserta individu sehingga para peserta yang tidak memiliki wadah tetap bisa berpartisipasi. Walaupun sebanyak 314 peserta mendaftar pada kegiatan ini, ternyata hanya 97 akun yang memasukkan data selama bulan November 2020 pada laman ARK@iNaturalist. Dalam kurun waktu sebulan tersebut pada project Amfibi Reptil Kita di iNaturalist telah masuk 2207 data (1076 amphibia dan 1131 reptilia) yang setelah disortir dengan data registrasi peserta GO ARK 2020 menjadi 2046 data yang dinilai. Sebagian akun yang tidak dinilai adalah akun yang memang memasukkan data karena ingin memeriahkan bulan GO ARK tanpa registrasi. Jumlah data bulan November 2020 ini lebih banyak daripada data yang masuk pada kegiatan GO ARK 3 tahun sebelumnya. Jumlah species yang diaporkan adalah 108 jenis reptil dan 60 jenis amphibia. Mengingat pengamatan banyak dilakukan di sekitar perumahan, tidak heran jika jenis yang banyak dilaporkan adalah jenis-jenis yang umum di sekitar pemukiman manusia. Untuk reptil jenis yang paling banyak dilaporkan adalah Calotes versicolor (97 data), Hemidactylus frenatus (96 data) dan Broncohela jubata (92 data). Sedangkan untuk amphibia jenis yang banyak dilaporkan adalah Duttaphrynus melanostictus (189 data), Polypedates leucomystax (113 data) dan Chalcorana chalconota (106 data). Paling tidak tercatat 19 jenis reptil dan 7 jenis amphibia yang tidak tercatat pada GO ARK sebelumnya. Walaupun demikian, hasil ini tetap harus dicermati dengan penelitian lanjutan yang mendata ciri-ciri species yang ditemukan dengan detil.

Terimakasih kepada semua peserta GO ARK maupun sains warga lainnya yang telah menyumbangkan data pengamatan di laman ARK@iNaturalist. Data anda sangat berharga untuk kita makin mengenali dan mencintai amfibi reptil Indonesia.

Untuk yang penasaran siapakah yang mendapatkan poin terbanyak pada kegiatan GO ARK 2020, jangan lupa untuk cek ig go.ark serta cek email malam ini ya. Terimakasih kepada FFI (Flora & Fauna International ) Indonesia Programme yang mendukung kegiatan ini sehingga para pemenang bisa mendapatkan hadiah :)

פורסם על-ידי mirza mirza, פברואר 08, 2021 03:51 לפנה"צ

תגובות

לא קיימות הערות בינתיים

הוספת תגובה

כניסה או הרשמה להוספת הערות